Rembang, ayobisaindonesia.com - Selasa, 15 Juni 2021 Telah diselenggarakan event kejuaraan dalam rangka Pemilihan Duta Generasi Berencana Kabupaten Rembang Tahun 2021, kegiatan tahunan yang dipelopori Forum GenRe Kabupaten Rembang tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat terlebih di partai puncak, yang dihadiri langsung oleh Ketua Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Rembang, Hj. Hasiroh Hafidz.

Grand Final yang bertempat di Rumah Tumbuh Khotijah (RTK) pun digelar, setelah tahap seleksi yang telah dilakukan 1 bulan sebelumnya yang diikuti oleh 41 peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Rembang.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Khammas Ainun Niam dari jalur umum keluar sebagai Juara 1 Kategori Putra Pildugen Rembang Tahun 2021. Sedangkan Alvina Yulianti perwakilan dari PIK-R SMK Negeri 1 Rembang meraih Juara 1 Kategori Putri Pildugen Rembang Tahun 2021.

Dengan dinobatkannya mereka sebagai Duta Generasi Berencana Kabupaten Rembang Tahun 2021 diharapkan dapat menjadi row models bagi remaja sebayanya, khususnya remaja Kabupaten Rembang untuk terhindar dari Seks Bebas, Pernikahan Usia Anak, dan Napza yang menjadi ancaman dalam Reproduksi Remaja atau sering disebut Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja).

 

Tak hanya itu, stunting yang merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya, menjadi PR besar bagi keduanya mengingat Kabupaten Rembang menduduki peringkat 2 tertinggi dengan kasus stunting se-Jawa Tengah.

Perjuangan mereka belum usai, justru mereka baru akan memulai perjuangan yang sesungguhnya untuk menjadi teladan remaja sebagai Generasi Berencana khususnya di Kabupaten Rembang dengan program-program yang telah mereka rangkai sedemikian rupa. Dan mereka juga berharap dapat memberikan hasil terbaik untuk meneruskan perjuangannya di Pemilihan Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 nantinya.